Review MotoGP Musim 2016

13.53

Photoright: www.bikedekho.com

Airsmaxs.com 

MotoGP musim 2016 telah berakhir beberapa jam yang lalu dan Marc Marquez-lah yang mampu mengunci gelar juara dunia 2016 dalam balap motor paling bergengsi ini. Musim ini bisa dikatakan sebagai musim balap paling kompetitif dalam sedekade terakhir. Hal ini bukan tanpa alasan, dari 18 seri gelaran MotoGP musim 2016 ini, terdapat sembilan pebalap berbeda yang telah mencicipi podium juara. Hal tersebut berbeda dengan musim-musim balap sebelumnya, dimana hanya beberapa pebalap yang mendominasi dan menduduki podium pertama di setiap serinya. Musim ini juga tidak terlepas dari banyaknya kejutan yang ditunjukkan oleh para pebalap non-pabrikan. Oke langsung saja kita lihat daftar peraih podium juara pada musim ini sebagai berikut:
1.  Marc Marquez: GP Argentina (Termas de Rio Hondo), GP Amerika (Circuit of the Americas), GP Jerman (Sachsenring), GP Spanyol (Aragon), dan GP Jepang (Twin Ring Motegi).
2.    Jorge Lorenzo: GP Qatar (Losail), GP Perancis (Le Mans), GP Italia (Mugello), dan GP Valencia (Ricardo Tormo).
3.     Valentino Rossi: GP Spanyol (Jerez), GP Barcelona (Catalunya)
4.     Dani Pedrosa: GP Italia (San Marino)
5.     Cal Crutchlow: GP Ceko (Brno) dan GP Australia (Philip Island)
6.     Andrea Iannone: GP Austria (Red Bull Ring)
7.     Maverick Vinales: GP Inggris (Silverstone)
8.     Jack Miller: GP Belanda (TT Assen)
9.     Andrea Dovizioso: GP Malaysia (Sepang)

Begitu kompetitifnya musim balap 2016 ini, sampai-sampai pebalap yang jarang terlihat di posisi lima besar pada akhir balapan -sebagai contoh adalah Jack Miller dan Cal Crutchlow- mampu mempecundangi para pebalap yang notabenenya sudah berpengalaman di MotoGP. Hal tersebut tidak terlepas dari banyaknya insiden dan kesialan yang menimpa pebalap sekelas Rossi, Lorenzo, dan Marquez. Sementara pebalap lainnya sekelas Dovi, Iannone, dan Pedrosa masih saja berkutat dengan masalah pada tunggangannya dan juga masalah cedera yang membekap mereka disebabkan insiden yang terjadi di beberapa seri balapan.
Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 10 besar klasemen akhir pebalap musim 2016 dikutip dari gomotogp.id :
No.
Pebalap
Tim
Negara
Poin
1.
Marc MARQUEZ
Honda
Spanyol
298
2.
Valentino ROSSI
Yamaha
Italia
249
3.
Jorge LORENZO
Yamaha
Spanyol
233
4.
Maverick VINALES
Suzuki
Spanyol
202
5.
Andrea DOVIZIOSO
Ducati
Italia
171
6.
Dani PEDROSA
Honda
Spanyol
155
7.
Cal CRUTCHLOW
Honda
Inggris
141
8.
Pol ESPARGARO
Yamaha
Spanyol
134
9.
Andrea IANNONE
Ducati
Italia
112
10.
Hector BARBERA
Ducati
Spanyol
102

Keperkasaan Marquez memang sulit dibendung oleh pebalap lainnya. Bisa dikatakan musim ini adalah musim terbaiknya selama membalap di kelas para raja, terlepas dari beberapa insiden yang menyebabkan The Baby Alien gagal mencapai garis finish.
Tentu sangat menarik untuk menantikan tibanya musim balap 2017, karena ada beberapa rider yang memilih untuk mencari tantangan bersama tim baru. Siapa yang akan merajai musim balap MotoGP 2017?? Kita nantikan saja….

Artikel Terkait

First