Selamatkan Masa Mudamu

23.45
Photoright: www.rosediana.net
Airsmaxs.com
Masa muda adalah masa dimana kita biasa disibukkan dengan banyak hal. Semua kesibukan tersebut sah-sah saja dilakoni asalkan positif dan dapat menjadi sarana pengembangan diri anda. Hal ini perlu diperhatikan mengingat pada zaman sekarang sudah sangat banyak kita temui berbagai bentuk kenakalan atau penyimpangan yang dilakukan oleh kaum muda. Salah satu kenakalan yang banyak disorot sekarang ini adalah seks bebas. Berdasarkan hasil survey Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), pada tahun 2010 sudah 52% anak muda di salah satu kota besar di Sumatera Utara telah melakukan hubungan seks di luar nikah. Coba kita bayangkan, survey itu dilakukan enam tahun yang lalu. Lantas bagaimana dengan sekarang? Tidak menutup kemungkinan prosentase tersebut telah meningkat.

Mungkin kita pernah mendengar sebuah kalimat motivasi “Habiskanlah jatah gagalmu di waktu muda”. Nah, munculnya sebuah kalimat motivasi tentu tidak terlepas dari pengalaman hidup seseorang yang memunculkan kalimat tersebut. Begitupun halnya dengan kalimat yang sudah disebutkan tadi. Kalimat motivasi tersebut bisa dimaknai sebagai sebuah perintah bagi generasi muda untuk menghabiskan jatah gagalnya di masa-masa mudanya. Hal ini berarti bahwa masa muda adalah waktu terbaik untuk kita mencoba hal-hal positif yang berkaitan dengan pengembangan potensi yang kita miliki. Mencoba dan terus mencoba tanpa harus takut kegagalan menghampiri anda. Karena perlu diingat bahwa kesempatan anda untuk mencoba masih sangat banyak. Semakin banyak anda gagal pada saat muda, maka semakin sedikit kegagalan yang akan menghampiri anda di masa tua nanti. Kok bisa?? Karena ketika anda gagal, otomatis anda akan belajar dari kegagalan tersebut dan akan lebih berhati-hati serta berusaha agar kegagalan tidak menghampiri anda untuk kedua kalinya.

Nah, tentu kita bertanya-tanya, kebiasaan-kebiasaan positif apa saja yang bisa kita lakukan di masa muda kita?? Berikut saya berbagi tips tentang hal-hal positif dan sederhana yang bisa kita lakukan:
1.        Memperbanyak Teman (Bergaul dengan banyak orang)
Bergaul dengan banyak orang tentu sangat baik bagi kita karena dengan hal tersebut, kita mampu belajar banyak hal dari orang lain. Bergaul dalam hal ini bukan berarti kita berteman dengan siapa saja, tidak peduli teman kita tersebut adalah orang baik atau sebaliknya. Akan tetapi kita wajib memperhatikan dengan siapa kita bergaul. Karena banyak yang mengatakan bahwa teman sepergaulan merupakan cerminan diri anda. Artinya bahwa jika kita bergaul dengan orang-orang baik, maka orang akan memandang bahwa diri kita baik pula. Sedangkan ketika teman sepergaulan kita merupakan orang yang dianggap kurang baik, maka kita akan dipandang termasuk golongan mereka.
Salah satu hal positif yang dapat dihasilkan dari pergaulan yang luas adalah kita dapat memperkaya jaringan. Sebagai contoh misalnya teman sepergaulan kita mempunyai satu bisnis, kemudian ia mencari rekan bisnis baru dan kita merupakan orang yang kebetulan dekat dengannya, maka bisa saja kitalah orang yang dijadikan rekan bisnis teman kita tersebut.

2.      Perbanyak melakukan aktivitas-aktivitas yang disenangi (Hobi)
Setiap orang pasti mempunyai aktivitas yang disenangi atau yang biasa kita sebut sebagai hobi. Bagi seorang anak muda, menjalankan hobi tentu sangat bermanfaat dan pastinya menyenangkan. Dengan catatan bahwa hobi tersebut termasuk dalam kategori hobi yang positif, seperti hobi berolahraga (ane termasuk kategori ini nih), main game (asalkan jangan sampai berlama-lama), membaca, menulis, dan masih banyak lagi contoh hobi yang positif. Lantas timbul pertanyaan, “emang ada hobi yang negatif??” Jawabannya adalah “ada”. Salah satu hobi negatif adalah hobi menjahili teman. Hehehe….

3.       Hindari kebiasaan-kebiasaan buruk
Memelihara kebiasaan-kebiasaan buruk merupakan awal dari sebuah kehancuran. Mungkin kata-kata itulah yang pantas untuk kita renungi bersama. Sangat banyak kebiasaan buruk yang biasa dilakukan oleh kaum muda, akan tetapi sangat sedikit yang menyadarinya. Contoh kecil kebiasaan buruk yang telah dianggap sebagai budaya oleh anak muda zaman sekarang adalah merokok. Merokok adalah awal dari banyak kemudhorotan. Contoh nyata efek buruk dari merokok adalah kesehatan kita menjadi terganggu. Banyak pula yang mengatakan bahwa rokok adalah langkah awal untuk mencoba barang haram yang biasa disebut sebagai “NARKOBA”.
Dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk (sekecil apapun itu), sadar atau tidak sadar kita telah menyelamatkan masa muda dan tentu mencerahkan masa depan diri kita sendiri.


Itu tadi beberapa tips dari ane untuk menjalani kerasnya kehidupan di waktu muda. Gak keras-keras amat juga sih, hehehe… Semoga dengan menjalankan kebiasaan-kebiasaan positif dan menjauhi kebiasaan negatif tersebut, masa muda kita lebih berwarna dan masa depan kita menjadi cerah.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
20 November 2016 21.34 delete

generasi muda, generasi penerus bangsa. generasi emas yang memiliki banyak kesempatan untuk menjadi pemegang nasib bangsa.

Reply
avatar
20 November 2016 23.55 delete

betul sekali
terimakasih telah berkunjung

Reply
avatar