Tips Cerdas Memilih Kamar Kost dan Rumah Kontrakan

16.23
Photoright: www,hipwee.com

Airsmaxs.com

Hai sahabat harmony, pada postingan sebelumnya saya berbagi tentang tips dan trik untuk memilih jenis jurusan dan perguruan tinggi, nah pada kesempatan ini saya ingin berbagi tips memilih kamar kost atau rumah kontrakan yang baik bagi mahasiswa. Sebelum kita membahas tips tersebut, kita basa basi dulu aja yaa, hehehe…

Kamar kost atau rumah kontrakan tentu menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan bagi seorang mahasiswa. Yang saya maksud disini tentunya mahasiswa perantau yaa. Nah bagi kalian para mahasiswa yang rela meninggalkan kampung halamannya demi melanjutkan studi pendidikan tinggi di luar daerah, harus memperhatikan betul kamar atau rumah yang akan kalian sewa di tanah perantauan. Memilih kamar kost atau rumah kontrakan tentunya tidak mudah dan harus dipertimbangkan secara matang. Jika salah memilih kamar kost atau rumah kontrakan, maka hal tersebut akan menjadi boomerang bagi diri anda sendiri.

Well, daripada berpanjang lebar ngejelasin apa itu kamar kost dan lain-lain, mending langsung kita perhatikan beberapa tips untuk memilih kamar kost atau rumah kontrakan yang baik. Check it out…

1.        Jenis Tempat Tinggal
Hal pertama yang harus dilakukan oleh mahasiswa yang sedang mencari tempat tinggal di tanah rantau adalah memilih jenis tempat tinggal tersebut. Ada dua jenis tempat tinggal yang bisa anda pilih, yaitu kamar kost dan rumah kontrakan. Tentu terdapat plus-minus pada masing-masing pilihan tersebut. Bagi anda yang tidak terlalu suka dan tidak fokus jika berada di kondisi yang ramai, maka kamar kost adalah pilihan yang tepat bagi anda. Sedangkan jika anda suka berkumpul bersama teman atau ingin hidup bersama di satu atap dengan sahabat-sahabat anda, maka lebih baik anda memilih rumah kontrakan.
  
2.        Harga sewa
Hal kedua yang wajib menjadi pertimbangan adalah harga sewa kamar kost atau rumah kontrakan. Bagi seorang mahasiswa, masalah yang berkaitan dengan uang sudah tentu sangat penting untuk diperhatikan. Untuk menghindari harga sewa yang tinggi, anda harus mengumpulkan info mengenai harga sewa kost atau kontrakan dan membandingkannya dengan harga kost lainnya. Semakin banyak informasi harga yang anda dapat, maka hal tersebut akan semakin baik karena anda mempunyai banyak harga pembanding. Pilihlah harga yang paling murah dan dengan tidak mengesampingkan kualitas kamar kost atau rumah kontrakan tersebut.

3.        Lokasi
Pilihlah lokasi kost atau rumah kontrakan yang dekat dengan kampus anda. Hal itu bertujuan untuk memudahkan aktifitas anda yang berhubungan dengan kampus. Anda tidak perlu menggunakan alat transportasi khusus dan cukup dengan berjalan kaki untuk menuju kampus. Akan tetapi, biasanya apabila semakin dekat lokasi kost atau kontrakan dengan kampus, maka akan semakin tinggi harga sewanya. Sebaliknya, jika semakin jauh lokasi kost dengan kampus, maka harga sewanya akan semakin rendah.
Nah, saran saya adalah sebaiknya anda mencari lokasi kost atau rumah kontrakan yang tidak terlalu dekat dengan kampus. Selain itu, pilih lokasi kost atau rumah kontrakan yang berada di tengah perkampungan dan jangan memilih lokasi yang terpencil serta jauh dari pemukiman warga. Hal tersebut bertujuan agar keamanan kamar kost atau rumah kontrakan tetap terjaga. Biasanya warga sekitar kost atau kontrakan saling bahu-membahu menjaga keamanan pemukiman sekitar mereka.

4.        Fasilitas
Nah, hal terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah memperhatikan fasilitas yang disediakan oleh penyedia kost atau kontrakan. Satu hal yang paling penting adalah perhatikan akses air bersih yang ada di kost atau kontrakan tersebut. Tidak dapat kita pungkiri bahwa kebutuhan akan air bersih adalah kebutuhan primer bagi setiap manusia. Maka dari itu, ada baiknya anda memilih kost atau kontrakan yang memiliki akses air bersih yang baik dan lancar. Perhatikan pula fasilitas-fasilitas pendukung lainnya, misalnya akses wifi, lemari, tempat tidur, dan lain sebagainya.

Sahabat harmony, semoga dengan memperhatikan tips-tips yang saya jelaskan di atas, anda merasa nyaman bertempat tinggal di tanah perantauan. Diharapkan dengan rasa nyaman tersebut nantinya akan berdampak pada kesuksesan dalam studi anda. Sekian dan semoga bermanfaat.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Nirwan Rifani
AUTHOR
29 November 2016 23.27 delete

mantap sangat menginspirasi :)

Reply
avatar