Memahami pH dan Cara Mengukurnya

19.44

Airsmaxs.com
Apa itu arti pH? pH suatu zat merupakan indikasi seberapa banyak ion hidrogen yang membentuknya dalam volume tertentu air. Tak ada kesepakatan mutlak apa singkatan dari pH sebenarnya. Tetapi kebanyakan orang mendefinisikannya sebagai sesuatu seperti potensi dari hidrogen. Nah, kini dimana masuk ke bagian membingungkan bagi Anda yang tak menyukai matematika. Definisi yang pantas dari pH adalah mengurangi logaritma dari aktivitas ion hidrogen dari suatu larutan. Atau bisa juga dibilang logaritma dari kebalikan aktivitas ion hidrogen dalam suatu larutan.
 
Bagaimana Cara Kerja pH Meter? 
Jika Anda menggunakan kertas limus, gagasan dasarnya adalah kertas tersebut secara perlahan akan berubah ke warna lain dalam larutan antara pH 1 dan 14. Dengan membandingkan kertas Anda dengan grafik warna, maka Anda dapat membaca keasaman atau kebasaan tanpa mengkhawatirkan berapa banyak ion hidrogen di dalamnya. Tetapi suatu pH meter harus mengukur konsentrasi ion hidrogen. Nah, bagaimana cara melakukannya?
 
Suatu larutan asam jauh lebih positif dicatu ion hidrogen di dalamnya dibandingkan larutan alkalin. Sehingga memiliki potensi lebih besar untuk memproduksi arus listrik dalam situasi tertentu. Dengan kata lain lebih seperti baterai yang dapat memproduksi tegangan lebih besar. Suatu pH meter mengambil keuntungan dari hal ini dan bekerja seperti pengukur tegangan. 

Alat ini mengukur tegangan atau potensial listrik  yang diproduksi oleh larutan yang keasamannya ingin diukur. Jika dibandingkan dengan tegangan dari larutan yang diketahui, dan menggunakan perbedaan tegangan (beda potensial) antara mereka untuk mengurangi perbedaan pH.
 
Bahan Pembuat pH Meter
Suatu pH meter biasa memiliki dua komponen dasar. Komponen pertama adalah pengukur itu sendiri yang bisa berupa pengukur kumparan bergerak (satu dengan penunjuk yang bergerak terhadap skala) atau pH meter digital (yang menggunakan layar angka). Sementara komponen kedua adalah satu atau dua probe yang dimasukkan ke dalam larutan yang akan Anda uji. Untuk membuat listrik mengalir melalui suatu media, maka Anda harus membuat rangkaian listrik yang lengkap. Sehingga untuk membuat listrik mengalir melalui larutan uji, Anda harus meletakkan dua elektroda (terminal listrik) di dalamnya.
 
Jika pH meter memiliki dua probe, masing-masing adalah suatu elektroda terpisah. Sedangkan apabila Anda hanya memiliki satu probe, kedua dari dua elektroda dibuat di dalamnya untuk kepraktisan dan kenyamanan.
 
Elektroda tidak seperti elektroda normal (potongan kawat logam sederhana). Masing-masing elektroda tersebut merupakan serangkaian perangkat kimia mini dalam susunannya sendiri. Elektroda tersebut melakukan hampir semua tugas penting, yang disebut sebagai elektroda kaca yang memiliki kawat listrik berbasis perak yang digantung dalam larutan potasium klarida yang berada di dalam bohlam tipis atau membran yang terbuat dari kaca khusus yang mengandung garam logam (biasanya campuran dari sodium dan kalsium). Elektroda lainnya yang disebut sebagai elektroda acuan dan memiliki kawat potasium klorida yang digantung dalam larutan potasium klorida.
 
Membeli pH Meter 
Kini membeli pH Meter tak perlu repot-repot mencari toko khusus atau mengunjungi langsung toko tersebut. Anda bisa membelinya secara online melalui e-commerce. Nah, harga pH meter tersebut pun beragam. Anda bisa membanding-bandingkan harga termurah antar toko online. Tentu saja saat membandingkan pastikan barang yang dibandingkan merupakan benda yang sama dari segi merk dan modelnya. Kisaran harga pH meter digital ini sekitar Rp 199 ribu di toko online.
 
Nah, kira-kira sudah tahu belum pH Meter yang dibutuhkan?

Artikel Terkait

Previous
Next Post »