Cara Menghias Dinding Kamar Kost Tanpa Harus Dicat Ulang

12.26
Airsmaxs.com
Menghias dinding kamar kost biasanya ingin dilakukan oleh para anak kost, terutama yang menganggap dinding kamar kostnya sudah kelihatan jelek dan kusam. Tapi, kebanyakan pemilik rumah kost akan melarang penyewa kostnya untuk mengecat ulang tembok kost. Alhasil, kamu yang pengen dinding kost memiliki corak dan warna baru harus memutar otak sedikit lebih keras. Untungnya, banyak kok cara menghias dinding kamar kost yang bisa dilakukan tanpa harus mengecat ulang. Berikut adalah beberapa caranya.
 

1. Menggunakan Wallpaper
Wallpaper atau kertas dinding memang sudah lama dikenal sebagai pengganti cat tembok. Wallpaper ini disukai oleh anak-anak kost karena memang lebih mudah dipasang dan nanti pada saat pindah kost juga lebih mudah dilepas lagi tanpa merusak tembok. Selain gampang cara memasang dan melepasnya, wallpaper juga tersedia dalam berbagai warna dan pola sehingga dinding terkesan lebih menarik. Wallpaper biasanya terbuat dari bahan vinil yang tidak mudah robek. Di kota-kota besar seperti Jakarta, Jogja, dan Semarang sudah banyak penjual wallpaper dengan harga terjangkau sehingga anak-anak yang tinggal di kost Semarang kota dan kota-kota besar lainnya bisa menghiasi kamar kost dengan wallpaper.
 
2. Menggunakan Kain
Penggunaan kain sebagai penutup dinding sebenarnya prinsipnya sama dengan wallpaper. Namun, karena kain biasanya lebih lemas teksturnya, perekatan kain ke tembok harus dilakukan lebih hati-hati. Cara amannya, lebih baik pilih kain dengan tekstur tebal sehingga lebih mudah dipasang. Untuk memasangnya, kamu bisa gunakan masking tape atau double tape. Tapi, cara ini biasanya akan membuat cat tembok yang asli mengelupas. So, lakukan dengan hati-hati dan usahakan untuk pelan-pelan saat besok melepasnya. Cara mudah untuk melepas kain yang ditempel dengan double tape adalah dengan cara memanasi double tape sehingga nantinya mudah dilepas.
 
3. Menggunakan Poster
Untuk menutupi dinding kamar kost yang polos dan usang, kamu bisa memanfaatkan koleksi poster yang kamu miliki. Poster biasanya ukurannya cukup besar sehingga tiga sampai empat poster saja sudah dirasa cukup untuk membuat dinding lebih berwarna. Jika ingin lebih rapi lagi, poster bisa kamu beri frame atau pigura dan bisa digantung di tembok. Hasilnya akan lebih rapi dan terlihat menarik untuk dilihat.
 
4. Menggunakan Wall Sticker
Wall sticker pada dasarnya adalah sticker berukuran besar yang bisa digunakan untuk dekorasi dinding. Bahan sticker biasanya adalah vinil yang sudah diberi perkat khusus di baliknya. Pemasangan wall sticker lebih fleksibel karena wall sticker tidak akan menutupi seluruh bagian tembok. Kamu bisa kreasikan pemasangan wall sticker ini sesuka hati. Desain dan warna wall sticker juga beragam mulai dari kartun hingga gambar bunga dan pohon. Di Jakarta dan kota besar lainnya, wall sticker sudah umum ditemui di tempat perbelanjaan. Inilah mengapa anak kost yang tinggal di kost BSD murah dan daerah dekat pusat perbelanjaan lainnya di Jakarta gampang menghiasi kamar kost mereka dengan wall sticker.
 
5. Menggunakan Kolase Foto
Kolase foto adalah susunan banyak foto yang digabung menjadi satu bentuk besar. Bisa bentuk jantung hati, lingkaran, kotak, dan lain sebagainya. Kolase foto ini bisa kamu buat sebesar yang kamu inginkan dan bisa menggantikan peran wallpaper atau wall sticker di kamar kamu. Menghias dinding kamar kost gak melulu menggunakan barang-barang yang dibeli dari toko, kok. Kamu juga bisa membuat hiasanmu sendiri seperti kolase foto ini dan membuat kamar kostmu lebih berwarna.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »