Mau Investasi Properti ? Pilih Investasi Rumah Atau Investasi Tanah?

16.20

Airsmaxs.com
Investasi properti merupakan salah satu investasi yang cukup diminati saat ini. Prosesnya yang cukup mudah dan keuntungan yang berlimpah merupakan alasan kuat masyarakat memilih untuk investasi properti dibndungkan dengan investasi lainnya. Ada dua pilihan investasi properti yang sering dipilih banyak masyarakat seperti investasi rumah dan investasi tanah. Dari kedua pilihan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, menurutmu mana pilihan investasi yang lebih menguntungkan atau investasi properti mana yang akan kamu pilih?
 
Kelebihan Investasi Rumah 

Membeli rumah di Jakarta untuk investasi bukanlah hal yang cukup mudah, terlebih lagi jika lokasi yang kamu inginkan berada di pusat kota Jakarta. Namun bila kamu memiliki dana dan budget yang cukup kenapa tidak. Hal ini tentu akan memberikan kamu keuntungan dalam berinvestasi rumah. Apa saja keuntungannya ?
 
• Dapat Dijaminkan Dan Dimanfaatkan Sendiri
Investasi rumah bisa kamu manfaatkan untuk berbagai hal. Kamu bisa menjadikannya sebagai jaminan bank untuk mendapatkan pinjaman ketika suatu saat kamu dalam keadaan yang cukup genting dan memerlukan uang tambahan. Selain itu kamu juga bisa menyewakan rumah yang diinvestasikan agar tidak kosong begitu saja. Kamu juga bisa menempatinya dan memanfaatkannya sbegai tempat tinggal.
 
• Mudah Dijual Dan Disewakan
Ketika kamu memiliki niat untuk menjual rumah yang kamu jadikan sebagai investasi rumah, namun ternyatan tidak mudah untuk menjualnya. Kamu bisa menyewakan rumah tersebut sambil menunggu pembeli datang. Selama menunggu tersebut kamu juga sapat diuntungkan karena nilai jual rumah akan semakin meningkat. Dan tahukah kamu bila menjual rumah di Jakarta dinilai lebih mudah dibandingkan menjual tanah ?
 
Kelebihan Investasi Tanah
 
• Kenaikan Nilai Jual Tinggi
Alasan yang satu ini menjadi daya tarik yang cukup kuat bagi masyarakat untuk memilih tanah sebagai investasi properti dari pada membeli rumah dijual di Jakarta untuk investasi. Tahukah kamu bila umumnya nilai jual tanah akan naik hingga 20% - 25% setiap tahunnya? pengingkatan ini tentu akan sangat menguntungkan. Meskipun begitu sangat disarankan untuk menjual tanah sekitar lima tahun dari waktu pembelian, karena nilai jual tanah akan meningkat hingga 2 kali lipat.
 
• Tidak Perlu Biaya Perawatan
Ketika kamu memutuskan memilih tanah sebagai investasi properti. Maka kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk melakukan perawatan properti. Meskipun ada sekalipun maka biaya yang dikeluarkan tidak sebesar biaya ketika kamu melakukan perawatan di rumah dijual di Jakarta yang kamu investasikan.
 
Kekurangan Investasi Rumah
 
Dibalik semua kelebihan yang sangat menguntungkat saat memilih rumah sebagai investasi rumah. Ada pula kekurangan yang akan kamu terima. Apa sajakah itu ?
 
• Biaya Perawatan
Berbeda halnya denan tanah yang tidak perlu mengeluarkan dana untuk perawatan. Ketika kamu memiliki rumah untuk investasi properti tentu kamu harus menjaga dan merawatnya dengan baik agar nilai jual rumah tidak menurun. meskipun rumah tersebut akhirnya menjadi tempat tinggalmu, kerusakan akan tetap terjadi. Tak hanya sekali saja, kamu harus mempersiapkan biaya perawatan setidaknya dua hingga tiga kali.
 
• Adanya Biaya Asuransi Dan Pajak
Tidak hanya perawatan saja yang perlu kamu biayai selama melakukan investasi properti dengan rumah. Kamu juga perlu mempersiapkan biaya seperti biaya asuransi dan biaya pajak. Biaya asuransi dangat dibutuhkan untuk menghidari segala kemungkinan dan resiko terubuk untuk melindungi rumah dari kecelakaan ataupun bencana alam. Sedangkan biaya pajak merupakan kewajibanmu yang harus dibayarkan setiap tahunnya.
 
Kekurangan Investasi Tanah 
Meskipun tanah tidak memiliki perawatan khusus untuk dilakukan dan keuntungan yang akan kamu dapatkan hingga berkali – kali lipat. Namun investasi properti berupa tanah ada kekurangannya juga loh. Apa saja?
 
• Sulit Dijual
Bila dibandingkan dengan rumah, tanah memang sedikit lebih sulit untuk laku ketika dijual. Hal ini tentu berhubungan dengan tingkat kebutuhan para pencari properti. Karena lebih banyak orang yang langsung mencari rumah dibandingkan mencari tanah untuk memiliki tempat tinggal.
 
• Pemasukan Tidak Menentu 
Sewa tanah? Hal ini tentu tidak lumrah kita dengar. Berbeda dengan sewa rumah bukan ?. jika suatu saat rumah tidak dapat dijual maka rumah tersebut dapat disewakan, kamu bisa dengan mudah mendapatkan uang setiap bulannya dengan cara ini sambil menunggu pembeli rumah datang. Namun bila ini diterapkan pada properti tanah, hasilnya akan cukup berbeda. Akan sangat sulit untuk menemukan seseorang yang ingin menyewa tanah. Meskipun ada yang menyewa, tentu akan sangat jarang sekali. Kamu mungkin tidak akan mendapatkan keuntungan atau pemasukan apapun hanya tinggal menunggu sampai tanahnya terjual saja.
 
Perbandingan dan penjelasan perbedaan keuntungan dan kelebihan dari dua jenis investasi properti di atas dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan yang cukup baik untuk memutuskan pilihan investasi yang tepat. Bagaimana? Mau pilih investasi properti apa? Sesuaikan dengan kebutuhanmu yaa..!!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »