9 Hal yang Tidak Boleh Kamu Katakan Saat Traveling

14.14
Airsmaxs.com 
Berpikirlah sebelum berbicara, mungkin saran bijak tersebut bisa kamu terapkan, terutama saat sedang traveling. 
Sumber gambar: poshtiger.co


Dengan melakukan hal tersebut tentunya kamu lebih menghormati penduduk lokal, serta memberikan kenyamanan dan keselamatan saat traveling.  Berikut ini sembilan hal yang tak boleh kamu katakan saat sedang traveling:
 
1. "Do you speak English?" 
Hal ini berlaku jika kamu berkunjung ke negara yang bahasa utamanya bukan bahasa Inggris. Sebelum kamu berlibur, ada baiknya mempelajari kata  standar yang digunakan masyarakat loka; di destinasi kamu berlibur, seperti  “tolong”, “halo”, “terima kasih”, “tidak, terima kasih”, “di mana toilet”, dan pertanyaan penting lainnya, termasuk  kalimat “Do you speak English?”
 
Jika pada akhirnya kamu ingin mengucapkan "Do you speak English?" Usahakan mengucapkan kalimat tersebut dalam bahasa lokal.
 
Hal itu menunjukkan penghargaan dan penghormatan kepada masyarakat lokal. Biasanya, penduduk lokal akan lebih responsif dan mau membantu orang-orang yang tidak beranggapan bahwa semua penduduk di dunia harus berbicara dalam bahasa Inggris.
 
2. "Saya tidak mau ke sana, karena belum pernah diulas di situs travel dan belum banyak fotonya!” 
Artikel dan foto mengenai suatu destinasi wisata di situs-situs travel memang penting, namun bukan berarti kamu jadi menutup kemungkinan untuk pergi ke tempat-tempat baru yang belum ada ulasannya.
 
Faktanya, terlalu bergantung pada ulasan-ulasan orang di situs travel malah membuat kamu kehilangan kesempatan untuk menemukan suatu tempat wisata baru yang unik dan baru.
 
3. "Saya tersesat. Saya menginap di [menyebutkan nama hotel]..."
Meski kamu tersesat, jangan pernah memberi tahu tempat kamu menginap kepada orang yang baru pertama kali kamu temui. Banyak traveler yang menjadi korban tindak kriminal, khususnya saat berlibur ke destinasi-destinasi wisata populer.
 
Pasalnya, memberi tahu orang asing bahwa kamu berasal dari daerah atau destinasi lain, lalu menyebutkan nama hotel atau penginapan kamu adalah hal yang benar-benar tidak baik karena tidak menutup kemungkinan kamu diculik, atau dirampok, terutama jika keamanan penginapan kamu tidak begitu kuat. Wah serem kan!
 
4. "Bisakah saya menukar uang?"
Ada baiknya kamu tidak pernah menanyakan, meminta dan menukar uang kecil kepada pemandu wisata, pegawai kebersihan hotel, pelayan, dan orang-orang lain yang tidak berada di balik mesin pembayaran. 
 
Maka dari itu ada baiknya kamu menyiapkan pecahan uang kecil dalam mata uang negara setempat sebelum kamu berangkat liburan.
 
Dan ada baiknya lagi, sebelum kamu liburan kamu bisa mencari hotel dan tiket pesawat murah di situs booking hotel dan tiket pesawat murah www.reservasi.com.
 
5. "Ssstt.. Tahu tidak? Saya Punya Bom di Koper... hehehe, bercandaaa."
Jangan sekali-kali deh bercanda seperti ini, sebab peraturan keamanan dalam sektor penerbangan bisa dibilang lebih ketat dari sektor transportasi lainnya.
 
Sudah banyak kasus traveler yang ditangkap pihak keamanan bandara karena bercanda tentang bom di bandara. Lelucon atau komentar tentang ancaman bom terhadap penumpang atau pesawat akan dianggap serius dan dapat mengakibatkan hukuman pidana atau perdata bagi pelakunya.
 
Tentunya kamu tidak ingin rencana liburan berantakan hanya gara-gara sebuah lelucon bukan? Jadi, jangan sekali-kali bercanda soal bom di bandara, simpan saja lelucon tidak lucu seperti itu saat kamu setelah keluar dari bandara.
 
6. “Wah, makanannya enggak enak nih”.
Kalau kamu tidak suka makanannya mending diam saja deh. Jangan langsung buru-buru diutarakan, karena dikhawatirkan kamu akan mengecewakan sang pemilik restoran atau sang koki.
 
Jadi perhatikan perkataan kamu, karena belum tentu pelanggan yang lain beranggapan seperti kamu. Ingat, selera orang berbeda-beda lho.
 
7. “Saya liburan sendiri nih”
Solo traveling lebih sering jadi target kejahatan, terutama bagi traveler wanita.
Jadi apabila ada orang yang tidak dikenal mendekati kamu dan bertanya kamu traveling bersama siapa, tak masalah kok untuk berbohong dan mengatakan kamu traveling bersama rombongan yang sedang pergi sebentar ke tempat lain.
 
8. “Saya belum pernah ke sini nih”
Saat sedang naik taksi atau transportasi lainnya sebaiknya kamu tidak mengatakan hal ini jika kamu tak ingin membayar dua kali lipat.
 
Kamu bisa berbohong dan bilang kamu sudah pernah ke sini beberapa kali. Kebohongan ini berguna di berbagai situasi serta untuk menghindari hal-hal yang tidak menyenangkan. Agar kebohongan kamu semakin meyakinkan kamu bisa berakting seakan kamu telah familiar dengan daerah tersebut agar tidak ditipu membayar dua kali lipat.
 
9. “Saya mengerti”
Saat kamu diajak mengobrol panjang lebar dengan orang lokal dan kamu bingung kamu boleh kok bilang kamu tidak mengerti dan sebaiknya tidak berpura-pura seolah kamu mengerti.
 
Jika mereka bersikeras ingin mengajak bicara, kamu bisa menolaknya secara halus dengan menggunakan bahasa tubuh seperti menggelengkan kepala dan mengangkat bahu hingga mereka mengerti bahwa kamu tidak mengerti maksud mereka.
 
Nah, untuk kamu yang lagi cari hotel murah di Yogyakarta, coba cek Reservasi.com saja, ada diskon hingga Rp1 Juta lho.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »