Beberapa Kesalahan Sepele Saat Mencuci Dengan Mesin Cuci

21.15

Airsmaxs.com
Mesin cuci merupakan barang elektronik yang sangat dibutuhkan bagi kaum ibu. Guna untuk memudahkan proses mencuci pakaian seisi rumah. Namun, seringkali Anda melakukan kesalahan yang sepele sehingga membuat kinerja mesin cuci tidak optimal. Bahkan kesalahan sepele tersebut juga bisa membuat mesin cuci di rumah rusak. Bukan hanya mesin cuci yang rusak, pakaian kesayangan pun bisa menjadi korbannya. Baik secara tidak sengaja, kesalahan sepele dapat membuat Anda kewalahan dalam mencuci pakaian. Untuk mencegah kerusakan pada mesin cuci dan pakaian Anda. Berikut beberapa kesalahan yang perlu dihindari ketika mencuci menggunakan mesin cuci.
 
Tidak membaca petunjuk perawatan pakaian
Hal yang satu ini sering diabaikan oleh setiap orang. Anda harus mengetahui bahwa bahwa setiap bahan dan model pakaian membutuhkan perawatan yang berbeda. Pada umumnya dalam pakaian akan terdapat label, guna sebagai petunjuk perawatan yang berada di dalam pakaian tersebut. Kebanyakan orang seringkali mengabaikan atau tidak memperhatikan sama sekali petunjuk perawatan ini.
 
Dalam petunjuk perawatan pakaian yang tertera di pakaian. Anda bisa mengetahui apakah bahan tersebut dapat dicuci dengan mesin cuci atau tidak. Karena sebagian bahan dan model pakaian tidak bisa dicuci menggunakan mesin cuci. Anda harus menggosoknya atau hanya sekedar di rendam saja. Dengan melihat petunjuk perawatan pakaian, Anda bisa mengurangi resiko rusaknya pakaian Anda serta mesin cuci.
 
Main asal memasukkan pakaian ke mesin cuci
Lebih mudah memang memasukkan semua jenis pakaian ke dalam mesin cuci tanpa memilah terlebih dahulu. Proses pencucian jadi semakin lebih cepat. Namun, tahukan Anda bahwa benda yang tertinggal didalam kantung didalam pakaian dapat menimbulkan kerusakan pada mesin cuci Anda? Seperti logam yang masuk ke mesin cuci, bisa menimbulkan kerusakan pada bagian dalam mesin. Selain itu, logam yang masuk bisa terselip pada saluran selang air atau filter sehingga merusak mesin.
 
Contoh lainnya, bisa juga tisu yang ikut tercuci dalam mesin cuci. Tisu tersebut akan hancur menjadi serpihan yang nantinya akan melekat ke seluruh pakian. Bukannya bersih, Anda malah harus mencuci ulang seluruh pakaian yang terkena serpihan tisu. Repot bukan? Oleh karena itu,  sebelum mencuci sebaiknya Anda memeriksa setiap pakaian yang memiliki kantung terlelbih dahulu. Tak hanya logam dan tisu, alat tulis seperti pulpen, yang ikut tercuci dalam mesin membuat tintanya dapat mengotori pakaian Anda. Telitilah dan memilah pakaian terlebih dahulu.
 
Terlalu banyak menggunakan detergen
Anda mungkin berpikir kalau semakin banyak deterjen, maka cucian akan menjadi semakin bersih. Ternyata, terlalu banyak menggunakan deterjen bukan hanya dapat membuat pakaian rusak tetapi juga dapat merusak mesin cuci. Perhatikan dengan seksama setiap kemasan deterjen yang Anda gunakan. Pada umumnya, di bungkusan detergen yang kita gunakan tertera takaran yang diperlukan untuk proses mencuci pakaian dengan menggunakan mesin cuci. Sebaiknya Anda mengikuti petunjuk penakaran tersebut, agar pakaian dan mesin cuci Anda selamat dari kerusakan.
 
Memasukkan pakaian terlalu banyak  
Mencuci pakaian dalam jumlah banyak memang lebih praktis. Namun ketika melakukan hal tersebut Anda memasukkan beban lebih besar dari kapasitas mesin yang seharusnya. Memasukkan pakaian yang terlalu banyak dapat membuat kinerja mesin tidak optimal. Sehingga jika dilakukan terus menerus akan membuat mesin menolak untuk bekerja alias rusak. Oleh sebab itu pastikan Anda memasukkan pakaian kedalam mesin cuci sesuai kapasitas mesin tersebut. Jangan terlalu memaksakan agar semua pakaian dapat masuk ke dalam mesin cuci.
 
Lupa mengeluarkan cucian dari mesin cuci
Pakaian atau cucian yang sudah tercuci bersih dan wangi harus segera langsung diangkat. Jika tidak pakaian bisa menjadi apek apabila terlalu lama tidak dikeluarkan dari mesin cuci. Hal ini akan menimbulkan jamur dan bakteri yang nantinya akan merusak mesin cuci Anda. Jika selesai mencuci sebagikanya mengangkat cucian Anda dan menjemurnya.
 
Tidak menutup keran air selesai menggunakan
Jika Anda lupa mematikan keran, tekanan air dapat menimbulkan kebocoran pada pipa atau selang mesin cuci. Meskipun jarang terjadi, kebocoran bisa terjadi di dalam mesin cuci dan dapat merusak mesin. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya luangkan waktu sedikit saja untuk menutup keran setelah selesai mencuci.
 
Itulah beberapa kesalahan sepele yang seringkali dilakuakn oleh kita, baik kaum ibu, bapak, anak maupun pembantu rumah tangga. Jika tidak dirawat secara rutin, tentu akan membuat mesin cuci menjadi rusak. Tidak perlu khawatir soal harga untuk service mesin cuci yang rusak. Gunakan Sejasa.com, karena hanya di Sejasa.com yang menawarkan harga service mesin cuci murah dan terjangkau. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »